Tingkatkan Kualitas Sekolah, Anies akan Beri Pelatihan ke Kepsek

Jakarta – Cagub DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berjanji akan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di sekolah jika terpilih menjadi gubernur DKI. Sekolah berkualitas ada di kepala sekolah dan guru yang baik.

“Sekolah berkualitas itu nomor 1 adalah kepala sekolah yang kepemimpinannya baik. Jadi kami akan melatih kepala sekolah supaya menjadi lebih baik,” ujar Anies di Jalan Kapuk Raya Gang Langgar 1 RT 01 RW 05 Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (14/3/2017).

Selain kepala sekolah, pendidikan berkualitas di sebuah sekolah juga terletak pada guru yang baik. Anies memandang guru yang baik adalah guru yang menguasai bahan ajar dan metode ajar dengan baik.

“Dan siswanya akan merasakan kebahagiaan di sekolah. Jadi kalau sekolahnya itu menyenangkan biasanya sekolahnya itu baik. Dan itu salah satu yang ingin kita bangun,” kata Anies.

Anies juga akan membuat kualitas standar bagi mutu pendidikan di sekolah. Standar yang ada pada pendidikan sekolah hari ini hanya pada rasa nyaman.

“Kita harus membayangkan masa depan. Jadi kurikulumnya dilakukan penyesuaian, pastikan assesmennya baik. Sekolah-sekolah berkualitas itu kami harapkan justru mulai dibangun di tempat atau di tempat-tempat yang hari ini kualitas pendidikannya rendah dan banyak anak putus sekolah,” jelas Anies.

Mantan Mendikbud itu kembali menegaskan jika kunci kemajuan sekolah ada di kepala sekolah. Untuk itu pihaknya akan membuat pelatihan dan pembinaan khusus bagi para kepala sekolah.

“Kalau hanya KJP yang diberikan itu memang mudah bagi pemerintah. KJP aja, rakyat warga, juga ibu-ibu senang itu terima KJP. Tapi kalau hanya itu sepuluh tahun kemudian nasib anak-anaknya nggak berubah. Karena pendidikannya, mutunya, belum ditingkatkan,” imbuh Anies.

“KJP itu membantu akses supaya semua anak bisa sekolah. Tetapi mutu di sekolah itu harus ditingkatkan juga. Jadi akses dan mutunya akan jadi perhatian kita,” pungkasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*